Pelatihan Jurnalistik

Bandung (23/08/2017). Kemampuan mengemas naskah jurnalistik, baik itu press release, berita perusahaan, berita peristiwa, news feature, dan jenis tulisan/artikel lainnya, sangat dibutuhkan suatu institusi untuk kepentingan publikasi. Universitas Pattimura melalui publikasi dan publisitasnya berupaya agar strategi pencapaian visi dan misi serta apa yang menjadi program dan rencana dapat memenuhi kepuasan stakeholders.

Untuk mencapai itu dibutuhkan suatu upaya agar bagaimana misi dan tujuan lembaga serta kebutuhan stakeholders terkait informasi dan publikasi dapat terpenuhi. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan meningkatkan sumberdaya manusia berupa peningkatan kemampuan staf Humas sebagai praktisi jurnalis dalam membuat dan menyusun publikasi dan publisitas melalui keikutsertaan dalam pendidikan dan latihan teknis bidang jurnalistik.

Pada 21-22 Agustus lalu, untuk memenuhi tugas dan fungsinya agar mencapai kompetensi bidang kehumasan yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas kesehariannya, Raymond Selong, S.Sos, M.Si, Staf Subbagian Humas UNPATTI, mengikuti kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi Instansi Pemerintah yang diselenggarakan oleh, lembaga jasa pelayanan pelatihan yang bergerak di bidang pengembangan Sumberdaya Manusia.  di Grand Serela Hotel  Bandung, Jawa Barat.

Pematerian yang menyangkut pengetahuan dasar-dasar jurnalistik, sehingga mampu membedakan bagaimana cara penulisan berita, penulisan press release, penulisan artikel, feature, laporan maupun menulis naskah dari hasil wawancara, sangat dibutuhkan mengingat struktural Hubungan Masyarakat merupakan nomenklatur struktural dalam  organisasi dan tata kerja UNPATTI.

Dampak dan hasil selama mengikuti pelatihan, Selong mampu  memahami perbedaan karakter diantara berbagai jenis naskah jurnalistik, dan yang paling penting adalah mampu mengatasi hambatan dalam menulis naskah-naskah jurnalistik sehingga mampu mengemas naskah-naskah biasa menjadi naskah yang layak untuk diterbitkan dan menarik untuk dibaca.

Narasumber Hernowo Hasyim dan Ir. Jumari Harjadi keduanya merupakan jurnalis nasional yang banyak menulis artikel di berbagai media terkemuka di negeri ini.

Selamat Berkarya…. HOTUMESE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *