PSM Hotumese UNPATTI berjaya 2 kali Berturut Kumandangkan Indonesia Raya

Lagu Indonesia Raya sebanyak dua kali berturut-turut berkumandang atas raihan medali emas di dua nomor yang memperoleh emas oleh Paduan Suara Mahasiswa Hotumese Universitas Pattimura Ambon pada waktu yang hampir bersamaan. Rasa bangga dan haru meliputi seluruh kontingen Indonesia yang hadir saat itu pada Asia Pacific Choir Games Grand Prix  Colombo, 21 – 28 Oktober 2017, yang diikuti oleh 72 Paduan Suara Mahasiswa dari 9 negara di Asia Pasifik.

PSM Hotumese UNPATTI secara keseluruhan berhasil mendapatkan 3 emas dan ini merupakan raihan yang patut di banggakan, ujar Vicky Ruhunlela melalui medsos WA yang dikirim ke Humas UNPATTI.

2 emas yang berhasil diraih dari 1 categori Etnik dan 1 Gospel, dengan hasil itu kemudian PSM Hotumese masuk Grand Prix di mana semua nilai di atas 85.00 baik untuk etnis, Mix, Sacra, gospel di pertemukan untuk mendapatkan champion dan PSM Hotumese berhasil mendapatkan juara dengan poin 90.46.

PSM Hotumese Unpatti yang pertama kali direkomendasikan untuk mengikuti kelas bergengsi Asia Pacific Champion Competition mengikuti kategori

Folklore a cappella ( Etnik) dan Gospel, Spiritual, Music of Spirit and Faith.  Dari kedua kategori tersebut etnik  Hotumese mendapatkan point 84.50 dengan membawakan 4 lagu yakni Janger, Batu Badaong, Toki Tifa, dan Mako-mako, berhasil menyabet emas.

Pada kategori Gospel dengan 4 buah lagu; Hear My Prayer, I Am His Child, Great God Almighty, Rejoice, berhasil mendapatkan Gold dengan point 91.63 dan juara pada Kategori Gospel dan berhasil masuk Grand Prix.

Untuk juara masing masing Kategori pada Grand Prix PSM Hotumese berhasil mendapatkan point 91.10. Dari 12 kontingen juara-juara kategori yang memiliki nilai di atas 85 poin. Untuk menjuarai Grand Prix mengharuskan membawakan 4 lagu gospel di tambah 1 lagu tambahan yaitu Walk Together Children.

Dubes RI untuk Sri Lanka merangkap Republik Maladewa di KBRI Kolombo, Drs I Gusti Ngurah Ardiy  merasa bangga dengan bergaungnya lagu kebangsaan Indonesia Raya sebanyak dua kali berturut turut karena keberhasilan Hotumese PSM yang dapat melakukan yang terbaik bagi bangsa Indonesia di luar negeri.  Keikutsertaan Mahasiswa Universitas Pattimura pada event Internasional merupakan kemauan kuat dari Rektor UNPATTI  Prof. Saptenno yang direalisasi dengan baik  oleh Wakil Rektor Bidang kemahasiswaan dan Alumni, Dr. J. Madubun  sehingga Hotumese PSM Unpatti bisa berlaga di dunia internasional. Dukungan pimpinan Pemda Maluku atas even ini juga merupakan dukungan yang menjadikan keberhasilan yang diraih dan dicapai dan untuk itu disampaikan terima kasih, terutama kepada kepada Gubernur Maluku Said Assagaf yang sangat  mendukung kegiatan kemahasiswaan pada ajang ini. PSM Hotumese UNPATTI yang dilatih oleh Semmy lewantaur dengan konduktor Michael Mailuhu meraih sukses besar di ajang ini.  Bravo… Selamat dan Sukses…. HOTUMESE.

Sumber:  Victor S. Ruhunlela, Wadek III FISIP UNPATTI, Ketua Kontingen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *