PENGUKUHAN GURU BESAR FAKULTAS TEKNIK YANG PERTAMA

UNPATTI. Fakultas Teknik Universitas Pattimura hari ini, Kamis (25/01), sangat berbangga dengan dikukuhkannya seorang Guru Besar yang pertama kalinya bagi fakultas yang sudah tidak terbilang muda sejak pendirian UNPATTI.  Ketua  Senat Universitas Pattimura, Prof. M.J. Saptenno mengukuhkan   Dr. Ir. Marcus Tukan, BSE, MT sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Transportasi Fakultas Teknik UNPATTI. Dihadapan Rapat Senat Universitas Pattimura, Prof. Tukan menyampaikan pidato pengukuhannya yang berjudul Konektivitas Transportasi Berbasisi Potensi Ekonomi Kepulauan Dalam Mendukung Tol Laut Indonesia. Menjawab Konsep Tol Laut pemerintah  yang telah dicanangkan dan akan diimplementasikan untuk tujuan peningkatan kinerja transpor­tasi laut melalui peningkatan konektivitas, peningkatan kapasitas armada, perbaikan infrastruktur dan perbaikan jaringan pelayaran domestik dan internasional, pe­nurunan dwelling time, pemberantasan pungli dan korupsi di pelabuhan sebagai penghambat utama kinerja pelabuhan nasional, serta peningkatan peran transportasi laut Indonesia yang saat ini baru mencapai 4% dari seluruh transportasi Indonesia (Bapenas, Implementasi Konsep Tol Laut, 2015). Hal mana sebelumnya (2013) konsep yang mirip ini telah dikemukakan lebih dahulu oleh Tukan melalui media lokal Siwalima, Jumat 30 Agustus 2013 dengan topik tulisan Akademisi Usul Bangun Maritime Highway, yang disasarkan untuk membangun konektivitas Pulau Ambon, Haruku, Saparua dan Pulau Seram sebagai suatau solusi dalam meningkatkan aksesibilitas masyarakat dan dampak ekonomi yang ditimbulkannya.

Beberapa hal strategis dalam penataan konektivias Tol Laut tersebut;

Perlunya pemerintah segera membangun industri-industri penunjang berbasis unggulan lokal wilayah dikawasan Timur Indonesia, re-evaluasi jalur pelayaran dan  penerbangan, bangun fasilitas pelabuhan dan jaringan konektivitasnya, dan yang paling penting adalah komitmen semua pihak untuk membangun dengan karya nyata bukan dengan retorika belaka.

Usai dikukuhkan, Prof. Tukan duduk sejajar dengan para anggota senat lainnya. Acara pengukuhan di akhiri dengan ucapan selamat disampaikan oleh Rektor kepada Prof. Tukan dan Keluarga, yang diikuti dengan ucapan selamat dan jabatan tangan oleh anggota senat lainnya, para Dosen, undangan lainnya. Selamat Berkarya. HOTUMESE.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *