Jurusan TEKNIK GEOLOGI UNPATTI Jaring MABA 2018

Ambon, (24/2/2018). Jurusan Teknik Geologi Universitas Pattimura melaksanakan kegiatan Sosialisasi Jurusan Teknik Geologi ke SMA/Sederajat di Maluku untuk memperkenalkan jurusan yang baru dibuka dengan menyelenggarakan kuliah perdananya pada bulan September 2017.

Sekretaris Jurusan Teknik Geologi Victor Lawalata, ST, MT dalam penjelasannya, ‘Kegiatan sosialisasi ini bertujuan merebut animo siswa sekolah menengah tingkat akhir untuk berkuliah di Jurusan Teknik Geologi UNPATTI. Kegiatan di agendakan pada beberapa kota/kabupaten di Maluku yaitu Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Untuk tahap pertama, Sosialisasi Jurusan dilakukan pada beberapa SMA di Kota Ambon, yaitu SMA Negeri 3 Ambon dan SMA Negeri 1 Ambon (23 Februari 2018), serta SMA Negeri 13 Ambon dan SMA Negeri Siwalima Ambon (24 Februari 2018). Tahap kedua akan di lakukan tanggal 1 Maret di Masohi, Kabupaten Maluku Tengah dan Tahap ketiga akan berlangsung minggu kedua Maret 2018 di Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat’, jelasnya.

Materi yang disajikan sesuai dengan kebutuhan para siswa kelas 12 yakni pengenalan ilmu geologi, bidang kajian dalam geologi, latarbelakang berdirinya Jurusan Teknik Geologi Universitas Pattimura, visi dan misi jurusan, timeline pengembangan jurusan, kurikulum, tenaga pengajar, fasilitas pendukung pembelajaran, proses seleksi mahasiswa baru dan rencana pembukaan program studi baru (Teknik Geofisika dan Teknik Perminyakan), yang dengan lugas disampaikan oleh Pieldrie Nanlohy, S.Si., M.Si. dalam paparan materinya.  Sosialisasi tahap pertama menunjukkan hasil yang menggembirakan terbukti dengan antusias siswa mengikuti dengan serius paparan yang disampaikan oleh Tim sosialisasi yang terdiri atas pimpinan, staf dan mahasiswa jurusan.

Salah satu hal yang cukup menarik adalah testimony dari mahasiswa Teknik Geologi Angkatan I (2017) yang juga merupakan alumni dari sekolah tujuan sosialisasi. Mereka berbagi pengalaman dengan adik-adik siswa sekolah tentang pengalaman menimba ilmu di Jurusan Teknik Geologi yang begitu menarik dan penuh dengan model mutu pembelajaran yang setara dengan Jurusan Teknik Geologi di Institut Teknologi Bandung (ITB) karena para dosen senior dari  Jurusan Geologi di ITB mengajarkan materi dan metode belajar yang sama persis. Disamping itu testimony fasilitas yang diterima sebagai mahasiswa Jurusan Teknik Geologi yang tidak lagi memikirkan biaya kuliah, bahkan ke depan nanti akan belajar secara bersama berbaur dalam kelas yang sama di Kampus ITB Bandung.

Menurut Ketua Jurusan Teknik Geologi, Dr. Ir. Robert Hutagalung, M.Si., “Keterlibatan dan testimoni mahasiswa dalam kegiatan sosialisasi ini juga untuk membuktikan fakta dan kenyataan dari materi yang kami presentasikan. Bahkan cara penyajian testimony mereka yang kekinian dengan  kemasan gaya bahasa ‘Jaman Now’ memudahkan para siswa menyerap materi sosialisasi tersebut secara utuh”.

Antusias para siswa untuk memilih Jurusan Teknik Geologi UNPATTI ditunjukkan dengan berbagai pertanyaan kritis yang disampaikan siswa yang bertanya seputar seleksi masuk perguruan tinggi (jalur tes, persyaratan, passing grade), proses perkuliahan, beasiswa, profesi lulusan dan akreditasi program studi. Dalam paparan, dijelaskan pula seleksi mahasiswa baru untuk Jurusan Teknik Geologi yang hanya menggunakan jalur SBMPTN untuk mendapatkan 15 orang lulusan sekolah yang mempunyai peringkat terbaik pada proses seleksi di tahun 2018 . Turut Hadir dalam sosialisasi, Dr. Nickmans Hattu, M.Si Dosen UNPATTI yang juga alumni ITB yang senantiasa menjawab pertanyaan siswa yang begitu penasaran seputar metode, proses dan suasana belajar di ITB.

Terkait dengan akreditasi, akan dilaksanakan apabila sudah ada lulusannya dengan gelar Sarjana Teknik (ST) dan itu ditargetkan nanti di tahun 2021 baru akan mengajukan Re-Akreditasi. “Saya berharap dan sangat yakin nilai akreditasinya pada nilai A ’Unggul’”. Kata Victor Lawalata, ST, MT, selaku Sekretaris Jurusan. “Dimungkinkan memperoleh Nilai Unggul karena saat dibukanya Program Studi ini, hasil evaluasi semester pertama oleh Tim Monev Ristekdikti yang khusus yang berasal dari reviewer ITB menunjukan hasil yang sangat memuaskan. Dokumen Mutu Akademik berisi Data Proses Belajar Mengajar, kurikulum, perpustakaan, kualitas SDM dan fasilitas ruang belajar yang memenuhi standar mutu diharapkan dapat menjadi penunjang perolehan nilai unggul”, jelasnya.

Selamat Datang Mahasiswa Baru di Jurusan Teknik Geologi…..

Kami menunggu Anda di Kampus Orang Bersaudara…. HOTUMESE.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *