sbmptn 2018

SBMPTN 2018 di Unpatti

UNPATTI, Senin (14/5/2018). Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Nasional lewat Jalur SBMPTN tahun 2018 telah dilangsungkan pada 8, 9 dan 11 Mei lalu. Berikut dokumentasi liputan Humas PTN pada saat jelang dan pelaksanaan SBMPTN 2018.

WR Bidang Akademik Prof. Rieuwpassa sebagai Ketua Panlok 93 Ambon, beberapa waktu lalu sampaikan bahwa dari peminat 7000-an tersebut yang tercatat mendaftar adalah 1.400-an dari yang mengikuti test sebanyak 3492 peserta. Test terbagi atas 2 jenis test yakni UTBC (ujian Tulis Bebasis Cetak) dan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Peminat untuk berkuliah di UNPATTI sebanyak 7.000 an pendaftar membuktikan kredibilitas UNPATTI sebagai penyelenggara pendidikan tinggi di daerah Maluku sangat baik. Peningkatan jumlah peminat terus meningkat dibanding 2 tahun sebelumnya yakni naik pada kisaran 1000-2000an peminat. Hal ini imbas dari sosialisasi dan promosi yang Humas Panlok dan Staf Humas PTN melalui media cetak, media iklan (baliho, spanduk), pamflet, leaflet dan pemberitaan di TVRI dan RRI serta sosialisasi di 11 Kabupaten/Kota di daerah.

sbmptn 2018

Pada persiapan sarana dan ruang untuk kegiatan test tersebut, berbagai hal dipersiapkan diantaranya kesiapan 130 an ruangan/venue bagi peserta TUBC dan 6 ruang bagi peserta UTBK. Peserta UTBK sebanyak 160 peserta. Penyandang Cacat (difabel) juga dipersiapkan ruang khusus untuk ujiannya dan kali ini satu orang peserta difabel terlayani dengan baik.

Dari pantauan Humas Panlok dan PTN penyelenggaraan SBMPTN kali ini berlangsung lancar dan tertib, walaupun pada menit menit awal sebelum pelaksanaannya agak tersendat namun panitia yang telah dibekali dengan materi oleh Sekpanlok SBMPTN Dr. Pagaya pada H-4 dan briefing rutin yang dilakukan, sehingga kendala tersebut dapat diatasi dan terlaksana hingga selesai tepat waktu.
Monitoring dan Evaluasi yang dilakukan tim pusat SIMOLA, Sistim Monitoring dan Evaluasi SBMPTN akan menjadi masukan bagi kegiatan rutin ini dan mendorong panlok bekerja lebih profesional lagi.

sbmptn 2018Beberapa kendala teknis yang terjadi sebagaimana yang terpantau adalah saat pendaftaran online peserta yang tidak tuntas hingga berkas nya masih mengambang dan tidak terklarifikasi yang berimbas pada tidak bisa tercetaknya kartu peserta. Namun hal ini dapat diatasi dengan bantuan tim teknis IT Panlok dengan pengisian yang benar hingga pencetakan kartu peserta, ratusan peserta dilayani dengan tuntas. Begitu juga layanan bantuan bagi peserta yang kehilangan/rusak tanda pesertanya dan dilakukan pencetakan ulang. Layanan informasi pencarian lokasi ruang oleh peserta dapat terlayani dengan baik oleh staf Humas PTN.

Pada saat pelaksanaan test (8/5/2018), atas koordinasi para Koordinator panlok Naskah soal dan LJU dapat terlayani dengan baik tertib hingga penyelenggaraan waktu ujian teroptimalkan dan terselenggara dengan baik. Tetap Semangat dan Berkarya… Selamat Datang Maba di ‘Kampus Orang Bersaudara’. HOTUMESE

Sumber Dok.: Humas PTN 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *