SBMPTN logo

Pengumuman Hasil SBMPTN 2018

#SiaranPersKemenristekdikti

Nomor : 105/SP/HM/BKKP/VII/2018
165.831 Siswa Lolos SBMPTN 2018 di 85 PTN

Jakarta, (3 Juli 2018). Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri (SNPMB PTN) 2018 mengumumkan sebanyak 165.831 siswa diterima di 85 PTN melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi dari 860.001 peserta pendaftar yang telah mengikuti ujian tertulis baik Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC), maupun Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilaksanakan secara nasional pada 8 Mei 2018 dan ujian keterampilan pada 9 dan/atau 11 Mei 2018.

Hasil tersebut disampaikan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Senayan (3/7). Dalam kesempatan tersebut, Menteri Nasir menyampaikan ucapan selamat bagi yang diterima di PTN pilihannya. Sedangkan bagi yang tidak diterima Menteri berharap untuk tidak berkecil hati.

“Saya ucapkan selamat bagi anak Indonesia yang mendapatkan kesempatan yang baik kali ini. Bagi yang belum lulus, masih ada kesempatan lain melalui jalur Seleksi Mandiri. Selain itu juga ada kesempatan mendaftar di perguruan tinggi swasta yang saat ini kualitasnya semakin baik. Kita punya 4.579 perguruan tinggi di Indonesia yang tercatat di laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Tolong dicek apa perguruan tinggi itu aktif atau tidak. Semoga yang aktif jadi pilihan anak Indonesia,” tutur Nasir.

Sebagai perincian, peserta kelompok Non-Bidikmisi diterima sebanyak 122.558 peserta, dan peserta berpotensi menjadi penerima Bidikmisi diterima sebanyak 43.273 peserta. Kemudian, berdasarkan jenis ujian yang diikuti, peserta Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) diterima sebanyak 160.778 peserta, peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) diterima sebanyak 5.053 peserta. Selanjutnya perincian peserta diterima menurut kelompok ujian yaitu, kelompok Saintek diterima sebanyak 68.333 peserta, kelompok Soshum diterima sebanyak 64.882 peserta, dan kelompok Campuran diterima sebanyak 32.616 peserta.

Panitia Pusat SNPMB PTN 2018 juga menetapkan, 45 (16,9%) peserta diterima dari sebanyak 267 pendaftar yang berkebutuhan khusus. Perincian peserta berkebutuhan khusus yang diterima sebagai berikut:

(1) Tunanetra 16 peserta;

(2) Tunarungu 10 peserta;

(3) Tunadaksa 13 peserta, dan 6 peserta berkebutuhan khusus lebih dari satu jenis.

Panitia SNPMB PTN 2018 akan mengumumkan hasil SBMPTN secara online pada laman

http://pengumuman.sbmptn.ac.id atau mulai pada hari ini Selasa 3 Juli 2018 mulai pukul 15.00 WIB atau selambat-lambatnya pukul 17.00 WIB.

Untuk melihat hasil seleksi, peserta diminta memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir melalui laman tersebut. Peserta yang lolos diharapkan segera melakukan pendaftaran ulang pada masing-masing PTN sesuai jadwal.

Pada kesempatan yang sama Ketua Panitia Pusat SNPMB PTN 2018 Ravik Karsidi menyebutkan program studi (prodi) yang paling banyak diminati hampir sama dengan tahun sebelumnya.

“Untuk Saintek yang paling banyak diminati Ilmu Kedokteran, Farmasi, Teknik Informatika. Sedangkan untuk Soshum yang paling banyak diminati yaitu Manajemen, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi. Sementara untuk prodi baru yaitu Aktuaria dan Ilmu Komputer yang sesuai dengan tuntutan perkembangan terakhir atau era revolusi industri 4.0,” terang Ravik.

Pada tahun ini panitia SNPMB PTN 2018 melakukan terobosan dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu peserta dapat menggunakan sistem Android dalam pelaksanaan ujian. Sekretaris Panitia Pusat SNPMB PTN 2018 Joni Permana mengatakan pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem android ini cukup baik. “Cukup baik artinya proses pengerjaan sesuai yang diharapkan. Namun masih perlu dilakukan perbaikan,” terang Joni.

Joni kemudian menerangkan hasil evaluasi pada penggunaan Android ini seperti soal ujian yang masih merupakan konversi dari versi cetak sehingga untuk ukuran layar handphone Android yang relatif kecil membuat peserta kesulitan. Selain itu dari aspek keamanan, karena menggunakan Wi-Fi sehingga masih rentan untuk diretas.

Satya Herlina dan Firman Hidayat
Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristekdikti dan
Panitia Pusat SNPMB PTN 2018

153 comments

    1. PENGUMUMAN
      REGISTRASI ULANG SBMPTN 2018
      Tanggal : 5 – 31 Juli 2018 (Hari Kerja)
      Pukul : 09.00 – 16.00 WIT (Jam Kerja)
      Tempat : Gedung Registrasi, Kampus Poka, Universitas Pattimura

      1. Kak mw tny klw yang jalur mandiri daftar dimana yh?ktnya dftr online dlu tpi dfrrnya dimna yh?

          1. Kak kan aku udh daftar trs udh dpt kap sama pinnya terus di bilang nanti selesaikan pendftrn pas tgl 15 di kartunya di web mandiri.unpatti.ac.id eh pas di buka kok pendaftaran di tutup yh pdhl udh dpt kap sama pinnya terus udh byr jg

    2. Assalamualaikum Admin…
      Saya lulus sbmptn di unpatti,di fakulas hukum.. yg saya ingin tanyakan berkas apa sajakah yg harus di bawa pada saat registrasi nanti…??
      Mohon di jaawab…

      1. Wa’allaikumsalam,
        Berkas yang diperlukan:
        1. Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2018
        2. Ijazah SMA/Sederajat (atau Surat Keterangan Lulus dari Sekolah).

        1. Kalau kartu tanda peserta yg lulus itu apakah harus di bawa juga soalnya waktu saya mengecek hasil di komputer di situ di suruh donload kartu tanda lulusnya itu yang berjumlah 2 lembar…
          Mohon bantuannya admin…

  1. Pagi admin, saya adalah salah satu peserta yang lolos SBMPTN di Universitas Pattimura, bagaimana caranya untuk registrasi kelulusan saya ?
    Apakah registrasinya melalui website atau langsung ke Kampusnya ?

    1. PENGUMUMAN
      REGISTRASI ULANG SBMPTN 2018
      Tanggal : 5 – 31 Juli 2018 (Hari Kerja)
      Pukul : 09.00 – 16.00 WIT (Jam Kerja)
      Tempat : Gedung Registrasi, Kampus Poka, Universitas Pattimura

    1. Syarat lain (jika ada) akan diketahui setelah melakukan pendaftaran. Utk biaya secara spesifik tidak dapat di sampaikan karena tergantung kepada Program Studi masing-masing.

    1. REGISTRASI ULANG SBMPTN 2018
      Tanggal : 5 – 31 Juli 2018 (Hari Kerja)
      Pukul : 09.00 – 16.00 WIT (Jam Kerja)
      Tempat : Gedung Registrasi, Kampus Poka, Universitas Pattimura

      Yang disampaikan disini adalah resmi.

  2. Pagi sya mau nanya..apakah yg lulus kedokteran ada wawancaranya juga?
    Dan biasanya kapan ujiannya ?
    Trimakasih.

    1. Ya benar.
      REGISTRASI ULANG SBMPTN 2018
      Tanggal : 5 – 31 Juli 2018 (Hari Kerja)
      Pukul : 09.00 – 16.00 WIT (Jam Kerja)
      Tempat : Gedung Registrasi, Kampus Poka, Universitas Pattimura

    1. Pendaftaran/registrasi ulang dibuka dari tgl 5 – 31 Juli 2018 bertempat di Gedung Registrasi Kampus Poka.
      Ybs harus hadir sendiri, karena akan ada pemeriksaan kesehatan calon mhs.
      Biaya masing-masing program studi akan diperoleh pada saat registrasi ulang.
      Perkuliahan dimulai Awal Agustus.

      1. Dear Adm,
        saya mau nanya mengenai pemeriksaan kesehatan, karena anak saya pernah kecelakaan dan kondisi kaki sebelah kiri sedikit pincang. Apakah itu akan mengganggu atau menjadi penghambat untuk lulus tes kesehatan?. Dan sebagai informasi tambahan bahwa Fakultas yang dipilih anak saya adalah Fakultas Ilmu Hukum.

        Salam

  3. Selamat siang Admin.
    saya orang tua calon mahasiswa yang diterima, beberapa hal dibawah ini ingin saya tanya al :
    1. Untuk pendaftran ulang apakah harus calon mahasiswa bersangkutan, atau boleh diwakilkan.
    2. Biaya apa saja yang harus dipersiapkan dan kira-kira berapa.
    3. Kapan perkuliahan dimulai.

    salam,
    orangtua Palti Josua Jose.

  4. Assalamualaikum/Syalom
    Pak/Bu Kk/Bg

    saya juga calon Mahasiswa baru di univ pattimura
    saya dari Sumatra utara Di Terima di Fakultas Il. Hukum
    saya ingin bertanya
    Apakah pendaftaran Ulang saya dapat di wakili orang tua saja ?
    Trimakasih…

    1. Wa’allaikumsalam / Syalom!
      Untuk pendaftaran / registrasi ulang, proses administrasinya (mungkin) bisa diwakilkan. Namun ada proses pemeriksaan kesehatan calon Mhs, sehingga calon ybs harus hadir utk pemeriksaan kesehatan tersebut. Harap maklum.

  5. Assalamu’alaikum wr. wb. /Syalom
    Perkenalkan saya lidya juita dari Sumatra Utara.
    Saya Sudah di terima di Univ Pattimura
    Namun Saya ingin bertanya, apakah pendaftaran ulang boleh diwakili oleh wali saya
    karna lokasi saya yang lumayan jauh seperti apa pendapat bpk/ibu?
    Terima kasih

  6. Assalamu’alaikum
    Selamat sore Admin, saya mau tanya mengenai Formulir biodata diri, itu kita dpt formulirnya dr pihak univ atau bagaimana ?
    Terima kasih

  7. Slmt sore admin. Saya mau tanya, apakah calon mahasiswa baru yang lulus sbmptn jalur bidikmisi pengurusan registrasi ulangnya sama seperti yang ikut jalur mandiri? Mohon infonya😊

  8. Dear Admin,
    Untuk proses registrasi apakah bisa di wakilkan dan langsung di lakukan tes kesehatan?
    Terima Kasih untuk infonya.

    Rgds,
    Lin

    1. Proses registrasi ulang sebaiknya jangan diwakilkan. Untuk jadwal pemeriksaan kesehatan tergantung kebijakan Universitas/Fakultas sesuai jumlah mhs baru, sehingga tidak dapat dipastikan utk langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan.

  9. Selamat sore min. Saya mau tanya, apakah pengurusan registrasi ulang calon mahasiswa baru yang lulus sbmptn jalur bidikmisi sama seperti calon mahasiswa yang ikut jalur mandiri. Apa saja persyaratan/berkas-berkas yang harus di bawa? Mohon informasinya min. Terima kasih

  10. Apakah benar pendaftaran ulang jalur sbmptn mulai 5-31 juli? Terakhir tanggal 31 juli 2018 kan? Saya bertanya karna saya dari jakarta jadi ingin tau terakhir pendaftaran ulang kapannya. Terima kasih banyak

    1. Ya benar informasinya demikian.
      Registrasi ulang SBMPTN 2018 harap membawa,
      1. Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2018.
      2. Ijazah SMA/Sederajat (bukti lulus utk dicek)

  11. Sore admin,
    Saya mau bertanya, kenapa jadwal registrasi ulang lulusan SBMPTN tidak diberitahukan/diposting melalui web ??

    Tks

      1. Tapi info nya ga ada min web unpatti nya. harusnya di berikan info yg jelas di webnya. bisa saja camaba tidak membaca komentar2 ini. bgmna kalau mereka sedang tidak berada di ambon dan ga punya teman di ambon. karena informasi ini sangat penting min. jadi harusnya di umumkan secara jelas.

        sebelumnya mohon maaf bila ada perkataan tidak berkenan.

  12. Selamat sore Admin.
    saya mau tanya lagi pak, karena kami berasal dari jauh (Sumatera Utara), mau nanya apakah ada di kampus disediakan asrama atau apakah banyak tersedia tempat kos yang layak dan bisa dijangkau dengan jalan kaki dari kampus.

    1. Selamat sore juga, di Unpatti ada asrama putra dan putri di kompleks kampus. Untuk kos-kosan disekitar kampus juga ada kos-kosan yang disediakan oleh warga sekitar, walaupun tidak sebanyak seperti di daerah Pasar Baru (Pasar III) dekat USU 🙂

    1. Pendaftaran secara online tidak dilakukan karena didalam proses registrasi ulang ybs harus mengikuti kesehatan secara fisik. ( Medan – Ambon tak jaulah 🙂 )

    1. Jika lulus SBMPTN 2018 lewat jalur Bidikmisi silahkan lakukan registrasi ulang antara tgl 5 – 31 Juli 2018. Persyaratan akan disampaikan pada saat proses registrasi ulang.

  13. Selamat Malam Admin.
    Saya mau bertanya, apakah untuk pengembalian mahasiswa baru lulusan SBMPTN hanya melakukan pengembalian dengan membawa Kartu Tanda peserta dan Ijazah saja, ataukah ada bukti lapor atau slip pembayaran yang harus diunduh seperti Tahun 2017.
    Terima Kasih.

    1. Pembayaran (biaya kuliah semester) baru akan dilakukan setelah calon mahasiswa teregistrasi dan memperoleh Nomor Induk Mahasiswa (NIM) pada program studi masing-masing. Dengan demikian belum ada slip bukti pembayaran seperti yang ditanyakan.

  14. Kalau peserta calon mahasiswa baru lulusan bidikmisi pendaftaran ulang kapan yaa admin ????
    Trima kasih infonya

  15. Selamat Pagi admin,saya mau tanya kapan dan lokasi registrasi ulang sbmptn 2018,dan dokumen apa saja yg harus dibayar?thanks

  16. pagi admin,
    untuk jadwal perkuliahan dimulai awal Agustus, tolong di info dong secara spesifik tanggalnya.

    tks,

    1. Pindah (tukar) jurusan hanya bisa dilakukan jika mahasiswa telah mengikuti kuliah selama 2 semester (1 semester = 6 bulan) sesuai Aturan Akademik Universitas. Dengan demikian, sdr/sdri tidak bisa dipindahkan, selain itu hasil SBMPTN 2018 bersifat resmi secara Nasional sehingga tidak dapat diubah.

  17. Selamat malam admin…
    Saya mau bertanya. Tadi saat saya ke ruang registrasi ada beberapa berkas yang harus dibawakan. Dari berkas tersebut ada biodata terlampir. Untuk biodata ini. Apakah ada contoh yabg bisa saya ambil. Atau bisa saya download? Terimakasih admin

    1. Formulir biodata akan diperoleh di loket Fakultas masing-masing pada saat melapor utk registrasi ulang, untuk diisi oleh masing-masing calon mahasiswa.

  18. Selamat sore bpk/ibu
    Saya lulus sbmptn di universitas pattimura,apakah bisa registrasi ulang secara online? Jawabarat ke maluku jauh,dengan waktu 31 juli
    Dan websitenya kurang detail,dan lokasi universitas kurang detail,karna maluku (ambon) luas,jadi saya kurang mengerti,apakah bisa diperjelaskan agar bisa kami telusuri
    Terima kasih

    1. Selamat atas kelulusan sdri Elfrida di Unpatti. Ambon kotanya tidak sebesar Bandung. Kota Ambon adalah ibukota Provinsi Maluku. Kota Ambon terletak di Pulau Ambon. Anda dapat menggunakan sumber daya di Internet untuk mengeksplor tentang Kota Ambon. Utk lokasi geografis gunakan Google Map untuk membantu anda, beberapa fakta tentang Kota Ambon bisa anda lihat juga di Wikipedia.

      Untuk proses registrasi kalaupun dilakukan secara online, tetap akan memerlukan anda untuk berada di kota Ambon, karena harus mengikuti tahap pemeriksaan kesehatan yang merupakan bagian dari proses registrasi ulang. Waktu pendaftaran dibuka mulai hari ini, tanggl 5 Juli sampai dengan 31 Juli 2018. Anda memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri untuk ke kota Ambon. Harapan kami semoga perjalanan anda selamat dan lancar ke Kota Ambon. Kami tunggu anda di Kampus Unviversitas Pattimura (UNPATTI) Ambon.

      NB: Ambon kota di tepi laut, ini foto kearah kota Ambon yang dilihat dari sisi Pulau Ambon tidak jauh dari lokasi Kampus Unpatti.
      Link foto: https://fatek.unpatti.ac.id/opac/template/default/img/2.jpg

  19. Assalamualaikum. Admin saya calon mahasiswa yg lulus SBMPTN. Saya di jakarta. Apa bisa daftar ulangan melalui online?

    1. Wa’allaikumsalam,
      Registrasi secara online sebagai mahasiswa hanya setelah selesai registrasi ulang awal antara 5 – 31 Juli 2018. Peserta harus datang sendiri (tidak diwakilkan) karena akan ada pemeriksaan kesehatan calon mhs ybs.

    2. Selamat pagi
      Kamu tinggal dijakarta,lulus sbmptn di universitas pattimura,saya tinggal dibogor lulus sbmptn universitas pattimur,apakah saya bisa berteman dengan kamu?apakah saya bisa meminta nomor hp mu?
      Maaf siapa tahu kita bisa bersama telusuri ke universitas pattimura

        1. 081362592593 ini nomor wa saya.
          Fb:irwan rendy simanjuntak
          Asal saya dari tarutung tapanuli utara,sumatra utara

  20. Malam kaa
    Saya mau nanya proses cek kesehatan itu dilakukan langsung bersamaan dengan registrasi ulang atau setelah registrasi ulang?
    Dan proses cek kesehatan itu membutuhkan waktu berapa lama ya?
    TERIMAKASIH

    1. Proses registrasi ulang dalam bentuk urusan administrasi terlebih dahulu, kemudian baru dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan. Dilaksanakan dalam rentang waktu tgl 5 – 31 Juli 2018.

  21. Maaf ka. Ini udh terdaftar sebagai calon mahasiswa atau kami masih harus mengikuti serangkain test untuk jadi Calon Mhs Unpatt

    1. Sdri Nur Lailla, Setelah melakukan registrasi ulang untuk mengklaim hasil lulus anda dan diberikan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), anda resmi menjadi mahasiswa di Universitas Pattimura.

  22. Selamat pagi Adm,
    sesuai dengan informasi sebelumnya bahwa perkuliahan akan dimulai di pertengahan bulan Agustus 2018. Yang ingin saya informasikan adalah bahwa rencana kami untuk mendaftar ulang adalah pada tanggal 27 Juli 2018. Seandainya kami telah selesai mendaftar ulang dan segala urusan administrasi sudah kami selesaikan, apakah anak kami bisa mengikuti perkuliahan terlambat kurang lebih dua mingguan atau awal bulan September? alasan kami adalah karena sekarang anak kami sedang menjalani proses pemulihan setelah operasi pengambilan pen akibat kecelakaan lalu lintas setahun yang lalu. Saran dari dokter adalah supaya anak kami istirahat dulu sampai kakinya benar-benar pulih untuk bisa berjalan. Demikian saya sampaikan dan mohon tanggapan dari bapak ibu adm Pattimura.

    Salam,
    Dumoliking Panggabean,
    orang tua Palti Josua Jose Panggabean
    Calon Mahasiswa Fakultas Ilmu Hukum.

    1. Kami dari bagian IT (Pengelola Web) tidak dapat memberikan solusi pasti utk hal yang disampaikan oleh bpk/ibu. Saran kami, kalau bisa ikuti proses registrasi lulusan SBMPTN 2018 terlebih dahulu. Untuk izin terlambat kuliah karena alasan kesehatan, harus mengurusnya langsung ke Fakultas dimana putra bpk/ibu diterima. Trm ksh.

  23. kak,info biaya UKT SBMPTN untuk mhs baru bagaimna kak. ap ad link yng bisa diakses untuk tahu biaya UKTnya. Terima kasih

  24. Saya mendapat masalah saat daftar mandiri .. Halaman mandiri.unpatti.ac.id/login tidak dapat di gunakan untuk penyelesaian pendaftaran.. Mohon infonya
    Trima kasih

  25. Ass.wr.wb. admin saya kan lolos sbmptn 2018. Yang ingin saya tanyakan bahwa, berapakah jumlah ukt atau uang kuliah tunggal yang harus di bayar. Ass. Terima kasih. Mohon untuk di balas.

      1. Kok UKT langsung Di tentukan YAh pak ?? Knapa ndak seperti kampus negeri lain..yg melakukan tes wawancara terlebih dahulu..?

        1. Pada prinsipnya penentuan UKT di Unpatti menggunakan aturan-aturan yang sama untuk semua PTN. Penentuan UKT menggunakan data-data yang diisi oleh mahasiswa pada formulir Biodata yang diberikan pada saat proses registrasi ulang.

  26. assalamualaikum kk
    sya lulusan sbmptn 2018 melalui jalur peserta bidikmisi kk. asal saya dari makassar , kab. gowa prov. sulsel.
    persyaratan dan berkas apa saja yang diperlukan saat malakukan registrasi ulang??
    dan apakah harus mebawa surat pindah domisili kk ??

    1. Wa’alaikumsalam,
      Pastikan membawa:
      1. Ijazah SMA atau Surat Keterangan Lulus dari Sekolah.
      2. Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2018 milik anda.

      KK dan Surat pindah domisili silahkan dibawa saja untuk anda mulai mengurus pindah domisili untuk kuliah di Unpatti.

  27. Assalamualaikum kk
    Saya mau tanya
    Pas waktu daftar ulang kan kita baru tau UKT kita berapa, apakah klo keberatan bisa melakukan pengajuan pengurangan UKT ?
    Trims

  28. slmt siang admin mau tanya biaya yg disiapkan untuk Fak kedokteran yg masuk lewat jalur mandiri ??? trm ksh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *