Tek Geo Unpatti

Dekan FITB-ITB sambut Mahasiswa Jurusan TekGeo UNPATTI Praktek Laboratorium

Bandung, Jumat (10/8/2018). Dalam rangka penuntasan pembelajaran Mata Kuliah Geologi Fisik, 15 mahasiswa Teknik Geologi UNPATTI lakukan praktek lapangan di Laboratorium Alam Geologi LIPI Karang Sambung, Kebumen-Jateng (4-5 Agustus 2018) dan kemudian akan dilanjutkan dengan praktek pada laboratorium Petrologi, Lab SEM-EDS UPP Chevron (7-9 Agustus 2018).

Prodi Tek GEo Unpatti

MK Geologi Fisik diampu Dr. Asep Kusumajana dan Dr. Eng. Mirzam,dengan muatan materi dan praktek, akan membawa mahasiswa mengenali berbagai jenis dan bentuk bebatuan, pemetaan, sampling dan mineral bebatuan dan menuntaskan tugas yang diberikan dan melalui prosedur yang diarahkan dari dosen, pendamping/peneliti dan para asisten dosen.

Lab Alam Geologi Karang Sambung, Kab.Kebumen-Jawa Tengah yang sekaligus destinasi wisata geologi, merupakan ‘dapur’ alam geologi yang menyuguhkan banyaknya singkapan dan bongkahan, jenis dan sedimen bebatuan, mineral batuan serta topografi bebatuan yang sangat luas untuk dijadikan tempat penelitian para geolog dan ruang kuliah ‘alam’ bagi mahasiswa.

Kondisi alam yang terjal terkadang sulit ditempuh hingga membuat mahasiswa yang baru pertama kali turun praktek lapangan sedikit kewalahan, namun dengan semangat HOTUMESE para mahasiswa mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan alam yang menantang itu dan muncul rasa keingintahuan yang besar dan antusias diri untuk berinteraksi dengan para dosen, pendamping/peneliti dan para asdos dengan pertanyaan-pertanyaan dan diskusi lapangan yang menarik dan berbobot yang berlangsung selama 7 jam/hari di lapangan dapat dilalui dengan baik.

Setelah lakukan praktek Lapangan di Karang Sambung selama 2 hari (4-5 Agustus 2018), rombongan dengan menggunakan kereta api menuju Bandung kemudian akan lakukan praktek laboratorium pada Lab Petrologi-FITB, Lab SEM-EDS UPP Chevron (7-9 Agustus 2018). Kesemuanya ini harus ditempuh para mahasiswa karena merupakan bagian dari mata kuliah Geologi Fisik.

Bertempat di Rg. Seminar Gedung Dekanat FTIB, Selasa(7/8/2018), Dekan FITB-ITB Dr. Benyamin Sapiie yang akrab di panggil Pak Mino dan jajaran struktural akademiknya, menyambut baik kedatangan para mahasiswa TekGeo UNPATTI. “ini merupakan pertama kalinya Mahasiswa Jurusan Teknik Geologi UNPATTI lakukan praktek lapangan dan sekarang praktek di laboratorium kami”. Dekan berharap dan yakin kegiatan praktek lapangan maupun praktek laboratorium ini dapat ditempuh dan berjalan dengan baik, apalagi di asuh oleh dosen berpengalaman Dr. Asep dan Tim, serta para Dosen/pendamping /peneliti senior seperti Prof. Emmy Relawati dan Prof. Eddy Subroto yang keduanya juga former Dekan FITB.

Di akhir sambutannya Dekan Mino harapkan kerjasama dan kolaborasi FITB-ITB dengan jurusan Teknik Geologi UNPATTI dan rencana pendirian Fakultas Pertambangan dan Perminyakan UNPATTI tetap terbina dan ditingkatkan diwaktu mendatang.

Ketua Jurusan TekGeo UNPATTI, Dr. Robert Hutagalung dalam kesempatan yang sama sampaikan terimakasih atas sambutan Dekan dan jajaran akademiknya dan harapkan kolaborasi dengan dosen FITB lebih ditingkatkan di waktu mendatang sehubungan dengan kelas Jurusan TekGeo yang bertambah dan sampaikan terimakasih kepada para Dosen, Pendamping/Peneliti dan para Assiten Dosen Nur Sabila dan Reza dan rekan Assdos, yang dengan sabar dan tekun membimbing mahasiswa TekGeo UNPATTI selama praktek lapangan dan Laboratorium.

Di Bandung kegiatan ekskursi juga dilakukan di hari kedua (Rabu, 8/8/2018) pada dua titik penelitian di kawasan Tahura-Dago luar kota Bandung pada sedimen batuan di Gua Jepang, bongkahan, dan singkapan batuan di sungai yang dilokasinya cukup curam. Output praktek di laboratorium, mahasiswa mampu membedakan beberapa jenis batuan dan kandungan mineral didalamnya walaupun dalam jenis jumlah terbatas. Para Dosen, Pendamping Peneliti dan para Assisten Dosen juga merasa puas atas outcome mahasiswa yang menunjukan rasa keingintahuan yang besar dan antusias melalui interaktifnya para mahasiswa selama lakukan praktek di lapangan maupun di Laboratorium.
Tetap tekun belajar dan pacu diri untuk raih yang terbaik…. HOTUMESE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *